BLANTERWISDOM101

Peralatan Pembuatan Konsep Pola

Rabu, 01 April 2020
alat membuat modifikasi pola dan blok

 

 

Peralatan Membuat Pola


Sebelum mulai membuat pola pakaian, kita harus mengetahui terlebih dahulu peralatan apa saja yang digunakan dalam pembuatan pola. Peralatan ini akan sangat berguna saat pembuatan pola dalam ukuran sesungguhnya.

Di bawah ini adalah berbagai peralatan lengkap dalam membuat konsep pola.

1. Awl
Awl adalah sebuah alat tajam yang digunakan untuk membuat lubang pada blok karton.

2. Standar Ukuran (dress model)
dress model adalah ukuran stok yang mewakili bentuk untuk mengetes pengepasan lembaran pola.



3. Penggaris lengkung (french curve)
Penggaris lengkung digunakan untuk membantu membantu membentuk lubang lengan, samping badan, kampuh, daln lain-lain.

4. Pembuat lubang (hole punch)
Alat yang digunakan untuk membuat lubang besar pada pola dasar agar dapat digantung pada gantungan pola.

5. Gantungan pola (Pattern hooks)
Gantungan pola disambungkan dengan tali dan pembatas dari bahan logam. Gantungan ini digunakan untuk menggantungkan pola dasar sebagai tempat penyimpanan.

6. Pemberi tanda pola (pattern notcher)
Pattern notcher merupakan alat yang yang digunakan untuk membuat torehan di pinggir blok guna menunjukkan posisi kupnat dengan lebar kampuh.

7. Kertas untuk membuat pola (pattern making paper)
Kertas pembuat pola, papan pola, kartu pola.

8. Penggaris L (L square)
Penggaris dengan sudut siku-siku (90 derajat) yang dilengkapi dengan skala ukuran yang lengkap.

9. Pita ukur (tape measure)
Pita ukur mempunyai ujung dari logam, linen, atau pita plastik untuk mengukur badan, bahan tekstil, maupun pola.

10. Rader (tracing wheel)
Rader adalah sebuah alat yang digunakan untuk memberikan gambar bagian pola dengan menggunakan kertas atau kartu pola.



alat membuat pola baju
ilustrasi peralatan



Perkakas Pribadi untuk Membuat Pola


Selain peralatan di atas, membuat konsep pula juga memerlukan beberapa perkakas pribadi penting lainnya. Perkakas pribadi ini digunakan untuk membuat pola baik ukuran skala kecil maupun ukuran sesungguhnya.

Perkakas pribadi atau semacam starter kit bagi pembuatan konsep pola adalah:
  1. Penggaris L
  2. Pita ukuran
  3. Penggaris fleksibel
  4. Rader
  5. Pensil HB mekanik
  6. Penghapus
  7. Jarum pentul
  8. Pensil untuk bahan
  9. Pensil berwarna
  10. Gunting
  11. Kertas kosong A4
  12. Folder A4
  13. Penggaris T
  14. Penggaris plastik 30 cm transparan
  15. Isolasi
  16. Lem perekat
  17. Penggaris skala 1/3
  18. Kalkulator
  19. Pola dasar stok 1/3
Demikian peralatan dan perkakas dalam pembuatan konsep pola yang harus disiapkan untuk modifikasi pola dan blok.

Alat-alat tersebut bisa didapatkan dengan mudah di toko perlengkapan alat jahit yang lengkap. Semangat belajar jahit.***


Share This :
Lasmicika


Hallo! Saya seorang istri dan ibu dua anak. Saya memiliki usaha di bidang jasa pembuatan pakaian jadi dan make up pengantin serta jasa WO. Semoga tulisan ini membawa manfaat.

16 komentar

  1. Ummmm, jadi ini ya alat2 yg dibutuhkan untuk bikin pola.
    Sip, sip, berguna banget buat yg mau bikin pola dan menjahit niihhh

    BalasHapus
  2. Kalau daku adanya yang buat pengukur itu, sering nyebutnya meteran kain. Tapi kadang malah buat ngukur tinggi dipakainya, hehe

    BalasHapus
  3. aku kok auto gatel pinginnya didoodle peralatanmu ini! tydaaaakkkk!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mau dong. Nanti saya simpan di sini. :)

      Hapus
  4. Banyak juga ya alatnya. Di rumah cuma ada dua. Meteran sama kapur penanda kain. Hahaha. Harus modal dulu nih...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada yang primer, ada yang sekunder.
      Ada yang wajib ada yang sunah :)

      Hapus
  5. Hihi jadi inget, dulu pernah praktek bikin baju
    Tapi akhirnya gak sabar, jadi bajunya diplekin aja di kain sebagai pola
    Menjahit emang kelemahan terberat saya 😁😁😁😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seperti memasak yang menjadi kelemahan saya :D

      Hapus
  6. Terima kasih, Mbak..jadi belajar lagi soal jahit menjahit setiap mampir ke sini. Peralatan jahit saya belum selengkap itu memang, tapi siapa tahu nanti perlu dan akhirnya beli :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pada perjalanannya nanti memang akan ada yang lebih banyak dipakai dan ada juga yang jarang dipakai dan hanya sekali-kali.

      Hapus
  7. Wah, baru membuat pola saja, peralatannya ternyata banyak juga ya. Kalau mau belajar jahit, kayaknya butuh lemari atau bahkan ruangan khusus nih buat menyimpan semua perlengkapannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa juga begitu kalau mau langsung lengkap.
      Jika tidak ya, seadanya dulu apa yang ada.

      Hapus
  8. Lumyan banyak juga ya alat yang digunakan untuk membuat pola. Proses membuat polanya ini juga yang memakan waktu lebih banyak ya Mbak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jika masih tahap belajar lumayan lama.
      Jika sudah pro, walau lama tak terasa susah lagi.

      Hapus