Penyebab dan Cara Atasi Benang Obras Sering Putus, Dijamin Berhasil!

benang obras putus


Perangkat lain selain mesin jahit yang dibutuhkan dalam menjahit baju adalah mesin obras. Jengkel rasanya kalau benang obras sering putus. Yang seharusnya kita bisa menyelesaikan jahitan lebih cepat, gara-gara benang obras putus terus, jahitan tidak bisa diselesaikan tepat waktu.


Penyebab benang obras putus


Ada beberapa penyebab benang obras seringkali putus, antara lain:

1. Benang obras tidak terpasang dengan benar


Benang obras, baik benang atas, benang bawah, maupun benang katun, memiliki rute-rute sendiri yang harus dipastikan sudah terpasang dengan benar. Jika ada satu saja rute yang salah, maka bisa akibatnya benang obras terputus.


2. Benang obras tersangkut sesuatu


Benang obras adalah benang non twist atau benang yang tidak dipintal. Benang obras berupa lembaran-lembaran serat halus yang mudah menyangkut pada sesuatu yang kasar. Akibatnya, benang obras akan putus jika tersangkut.


3. Kualitas benang obras yang buruk


Sama seperti material jahit yang lain, benang obras pun ada tingkatan kualitasnya. Ada benang obras dengan kualitas bagus, ada benang obras kualitas sedang, ada juga benang obras dengan kualitas rendah / buruk. Umumnya, merek yang sudah ternama akan menjaga kualitas benang meski harganya agak tinggi. Sedangkan benang obras yang berkualitas buruk umumnya tidak bermerek, bahkan sering dijual kiloan. Benang obras seperti ini akan cepat putus saat dipakai.


4. Penyimpanan benang obras yang salah


Benang obras boleh merek ternama, benang obras boleh berkualitas bagus, tapi jika penyimpanannya salah maka bisa merusak benang obras tersebut. Akibatnya benang obras akan sering putus ketika digunakan.


5. Benang obras sudah rapuh


Meski benang obras terbuat dari bahan campuran sintetis, tapi benang obras juga bisa rapuh jika disimpan terlalu lama. Bisa jadi penjahit baru saja membeli dari toko, tetapi ternyata benang itu sudah tersimpan lama di gudang toko benang. Kemungkinan lain, benang obras dibuat dari bahan-bahan yang juga sudah terlalu lama disimpan seperti kapas yang jika disimpan terlalu lama akan berkurang kualitasnya. Benang obras yang rapuh akan mudah putus.



Cara Mengatasi Benang Obras yang Sering Putus


Setelah mengetahui apa penyebab benang obras sering terputus, maka kita bisa mengetahui cara mengatasinya agar tidak lagi cepat putus.

Cara mengatasinya antara lain:

1. Pastikan benang obras sudah terpasang dengan benar 


Agar benang tidak cepat putus, pastikan benang sudah terpasang sesuai rutenya masing-masing. 
Untuk mengetahui apakah benang obras sudah terpasang dengan benar atau belum, kita bisa melihat peta rute benang yang terdapat pada tutup mesin obras bagian depan. Pastikan rutenya sudah sama dengan gambar peta rute benang obras yang tertera.


2. Pastikan benang obras tidak tersangkut sesuatu


Agar benang obras tidak tersangkut pada sesuatu dan sering putus, letakkan mesin obras pada tempat dengan space yang agak luas agar tidak ada benda-benda lain di sekitar mesin obras. Selain itu, periksa pula tiang besi penyangga benang yang dilewati benang obras. Jika berkarat, amplas tiang benang tersebut sampai halus, lalu oleskan minyak goreng. Besi yang berkarat akan membuat benang obras sering tersangkut dan putus.


3. Belilah benang obras yang berkualitas bagus


Istilah ada harga ada rupa kadang ada benarnya juga. Merek ternama yang menjaga kualitas benangnya, akan mematok harga lebih tinggi. Namun, kualitas yang bagus akan membuat benang tidak cepat putus. Dan waktu mengobras menjadi lebih efektif.


4. Simpan benang obras dengan benar


Seringnya, para penjahit menyimpan benang obras dengan cara ditumpuk. Ini adalah cara menyimpan yang salah. Benang obras yang ditumpuk berulang kali, apalagi jika ditumpuk terlalu kencang sampai susah untuk dipisahkan, akan membuat benang tergesek dengan cone benang di atasnya. Terlalu sering terjadi pergesekan pada benang obras akan merusak benang. Kepadatan gulungan pun akan berubah dan lengket satu sama lain.

Lalu, bagaimana cara menyimpan benang obras yang benar? 

  • Simpanlah benang obras TANPA ditumpuk, alias letakkan berjejer satu per satu.
  • Jika terpaksa harus ditumpuk untuk menghemat tempat, maka bungkus dengan plastik lebih dulu agar tidak terjadi gesekan pada benang obras. Tumpuk mengambang dan jangan ditekan.


5. Beri minyak goreng pada gulungan benang obras


Benang obras yang rapuh bisa disiasati dengan cara diberi minyak goreng pada gulungannya. Beri minyak goreng secukupnya agar benang cukup licin dan gulungannya tidak rekat. Cara ini sangat ampuh dan dijamin berhasil 100%.





Itu dia penyebab benang obras sering putus dan cara mengatasinya. Cukup mudah kan? Jika kurang jelas, videonya bisa disimak video pada link Youtube di atas. Jangan lupa subscribe, like, dan comment ya.

Selamat mencoba!***



Tidak ada komentar